Pemalang, 12 September 2017 (Media Rakyat).
Bukalapak
terus memperkuat komitmennya untuk memajukan semua pelaku UMKM di
Indonesia dengan menghadirkan akses untuk meningkatkan
produktivitas dan pemasaran mereka melalui platform digital. Kali ini,
Bukalapak bekerja sama dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika dari
Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), dengan menggelar
roadshow
edukasi bagi
para pelaku UMKM agar dapat berjualan secara online. Kerja sama ini
merupakan bentuk dukungan Bukalapak kepada pemerintah, melalui program
KOMINFO, yaitu “UMKM Go Online” untuk seluruh
wilayah Indonesia. Rangkaian roadshow
dan edukasi ini akan diadakan di beberapa kota dan kabupaten dalam periode Agustus 2017 hingga Desember 2019.
Kegiatan
roadshow
dan edukasi yang diadakan oleh Bukalapak dan KOMINFO ini mengundang lebih dari 250 peserta umum.
Target dari edukasi UMKM Go Online sebanyak 20.000 UMKM.
Mereka akan dibekali dengan bimbingan untuk mendigitalisasi bisnis mereka dari proses pengenalan
online
hingga pemasaran bisnis secara
online.
Setelah
mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk
bergabung bersama Bukalapak dan menjadi Pelapak serta anggota komunitas
Bukalapak.
“Kami melihat tengah terjadi perubahan perilaku belanja masyarakat di Indonesia, dari konvensional
menjadi secara online. Hal ini dikarenakan bisnis
online yang tengah diminati oleh masyarakat luas. Melalui kegiatan
roadshow
ini, kami ingin mengedukasi para pelaku UMKM, yang tersebar di seluruh Indonesia, agar dapat memanfaatkan platform
online untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk-produk mereka serta mengembangkan dan mendukung usaha mereka dengan
menghubungkan mereka dengan calon pembeli. ” ujar Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak.
“KOMINFO menyambut baik kerja sama serta dukungan Bukalapak. Kegiatan
roadshow
ini merupakan
salah satu bentuk nyata dari program UMKM go online yang memiliki
tujuan untuk mewujudkan visi “Digital Energy of Asia”. Melalu kerja sama
ini, kami berharap untuk dapat mendigitalisasikan
sekitar 8 juta UMKM tersebar di seluruh Indonesia untuk memajukan,
meningkatkan inovasi, daya saing serta produktifitas mereka,” ujar
Harry Hartono, Kasubdit Peningkatan Kapasitas TIK, Dlt.PI Kementerian KOMINFO.
Dengan
dukungan dari pemerintah maka kesempatan para UMKM di berbagai pelosok
daerah di Indonesia untuk
melek digital akan cepat terlaksana dan terus bertambah. Di tahun 2017
ini, Bukalapak telah berhasil merangkul hampir dari dua juta pelapak
untuk bergabung dan meningkatkan kinerja mereka di era digital, serta
memiliki komunitas yang tersebar di 70 kota di
Indonesia.
Fikri
menambahkan bahwa Komunitas Bukalapak ini juga tergolong aktif dalam
memberikan edukasi bagi para
UMKM yang belum terakses digital maupun kepada para UMKM yang omset
penjualannya masih rendah. Program yang diberi nama Program Kelas
Komunitas ini adalah sebuah program dari komunitas Bukalapak untuk
komunitas, dimana pemateri adalah para korlap ataupun pelapak
senior yang mempunyai badge minimal Calon Juragan. Para pelapak
Komunitas Bukalapak akan memberi materi dan membimbing selama 3 bulan
kepada para komunitas lain.Program ini dibuat dengan tujuan untuk
meningkatkan omset, menambah anggota komunitas, serta mempererat
anggota komunitas di masing-masing regional. (TIM)